Perusahaan Unggas Terpadu

PT Sierad Produce, Tbk (“Sierad Produce”) didirikan pada tanggal 6 September 1985 dengan nama PT Betara Darma Export Import. Pencatatan saham perdana di Jakarta Stock Exchange pada tahun 1996 dan telah menjadi salah satu perusahaan peternakan unggas terpadu di negeri. Sierad Produce fokus pada inti kompetensinya, yaitu produksi pakan ternak, produksi anak ayam umur sehari (“DOC”), peternakan ayam komersial, contract growing, pemotongan ayam dan produksi makanan olahan dan produk ayam bernilai tambah. Visi Sierad Produce adalah menciptakan timbal balik berkesinambungan yang dapat diterima oleh para pemegang saham dengan menjadi perusahaan peternakan unggas terpadu berbasis makanan terkemuka di Indonesia.

Sejarah Perusahaan

PT Sierad Produce Tbk (“Perseroan”) didirikan pada tanggal 6 September 1985 dengan nama PT Betara Darma Ekspor Impor, pada awalnya Perseroan bergerak di bidang usaha peternakan ayam bibit induk untuk menghasilkan ayam niaga, pemotongan ayam serta pengolahan ayam terpadu dengan cold storage. Seiring dengan perkembangan usaha, Perseroan mengambil langkah strategis, yaitu berganti nama menjadi PT Sierad Produce pada tahun 1986, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan Penawaran Umum Saham Perdana (IPO) pada tanggal 27 Desember 1996. Sejak saat itu, saham Perseroan tercatat di Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta) dengan kode saham “SIPD”. Untuk memperkuat jangkauan distribusinya, Perseroan mendirikan PT Transpasifik Niagareksa, yang bergerak di sektor jasa perdagangan dan mulai beroperasi secara komersil di tahun 1995. Pengembangan usaha berikutnya dilakukan melalui akuisisi PT Belfoods Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang industri pengelolaan makanan beku, dengan kepemilikan saham saat ini sebesar 99,99%. Selain itu, untuk memperkuat lini usaha di bidang distribusi dan perdagangan peralatan peternakan ayam serta bahan baku pakan ternak, Perseroan didukung oleh PT Sierad Corporation, entitas anak Perseroan yang saat ini dalam likuidasi.

Perseroan menerapkan teknologi keamanan bio yang ketat, jaminan higienitas produk dan prosedur pemotongan ternak sesuai dengan Syariat Islam. Sebagai bentuk pengakuan atas kualitas produk dengan standar internasional, Perseroan telah menerima berbagai sertifikasi antara lain Sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia, Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia, ISO 9001:2008 dan SNI ISO 9001:2008 dari Lloyd’s Register Quality Assurance, Nomor Kontrol Veteriner (NKV) dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, Sertifikat Cara Pembuatan Pakan yang Baik (CPPB) dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Salah satu fasilitas laboratorium milik Perseroan yaitu Prolab Diagnostic Laboratory (“Prolab Jabon”) menerima Sertifikat Akreditasi dari Komite Akreditas Nasional atas kompetensinya sebagai laboratorium penguji. Saat ini, Prolab Jabon merupakan satu-satunya pemegang ISO untuk laboratoriun swasta khusus perunggasan dalam hal akreditasi pengujian. Sertifikasi ini merupakan wujud Perseroan dalam upayanya untuk terus dapat menjaga dan meningkatkan mutu serta kepercayaan pelanggan.

Visi & Misi Perusahaan

Visi

Menjadi perusahaan makanan terkemuka di Indonesia berbasis industri perunggasan terintegrasi yang menciptakan iklim saham terbaik bagi para pemangku kepentingan.

Misi

Perseroan berupaya:

  1. Menghasilkan produk bermutu tinggi dan inovatif untuk para pelanggan.
  2. Menciptakan keuntungan bagi para mitra bisnis melalui operasional yang bertaraf internasional.
  3. Merekrut, mengembangkan dan memberikan penghargaan kepada para pekerja professional yang berprestasi di lingkungan kerja
  4. Secara aktif memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.

Nilai Perusahaan

Berorientasi Prestasi

Mampu memanfaatkan setiap peluang dan kesempatan serta menjadikannya sebagai tanggung jawab melalui proses pengambilan keputusan yang tegas dan dengan perhitungan yang matang.

Inovasi

Mampu menciptakan produk atau layanan baru dengan cara yang berbeda yang selangkah lebih maju dari kompetitor.

Bermanfaat Bagi Lingkungan Masyarakat

Mampu menempatkan tanggung jawab sosial di semua aspek operasional bisnis secara berkesinambungan, sesuai kemampuan perusahaan.